Ads 468x60px

-

KONTOMULYO melayani pelanggan, menghormati pesaing HUBUNGI 085853630153

Penderitaan Demi Ilmu

Simone De Beauvoir, filosof-penulis feminisme kelahiran Perancis, pernah mengatakan

Ubahlah hidupa anda hari ini
Jangan pernah bertaruh untuk masa depan
Beraksilah sekarang, tanpa menunda-nunda

Pesan yang bagus untuk kita. Bagi orang yang sedang menuntut ilmu perlu melihat keteguhan para ulama salafus soleh. Diriwayatkan oleh Imam Bakar bin Hamdan Al-Maruzi mengatakan bahwa Imam Ibnu Kharrasy pernah bercerita, “Demi mancari ilmu, aku pernah meminum air kencingku sendiri sebanyak lima kali. Ceritanya, sewaktu sedang berjalan melintasi gurun pasir untuk mendapatkan hadis aku merasa kehausan luar biasa tanpa ada yang bisa aku minum. Maka dengan terpaksa aku minum air kencingku sendiri:.
Lain lagi dengan Imam Ibnu Abu Hatim yang pernah mengatakan, “ketika sedang mencari hadits kondisiku benar-benar sangat memprihatinkan. karena tidak mampu membeli sumbu lampu, pada suatu malam aku terpksa ke tempat ronda yang terletak di mulut jalan. Aku belajar dengan menggunakan lampu penerangan yang dipakai leh tukang ronda. Dan terkadang tukang ronda itu tidur, aku akan menggantikannya ronda.”
Kita juga patut melihat penderitaan Imam Malik. Demi membiayai dirinya menuntut ilmu, beliau sempat mencopot atap rumahnya,lalu menjual papannya.
 
 
Blogger Templates